NPM: 18211061
KELAS :3EA27
DOSEN : TOMY ADI SUMARSO,SE
MATA KULIAH: PERILAKU KONSUMEN
TUGAS KE 4
MATERI (KEPRIBADIAN NILAI DAN GAYA HIDUP)
KEPRIBADIAN NILAI DAN
GAYA HIDUP
Pengertian Kepribadian
Kepribadian
adalah keseluruhan cara di mana seorang individu bereaksi dan berinteraksi
dengan individu lain.Kepribadian paling sering dideskripsikan dalam
istilah sifat yang bisa
diukur yang ditunjukkan oleh seseorang.
Pengertian Nilai
yang
berharga, bermutu, menunjukkan kualitas, dan berguna bagi manusia. Sesuatu itu
bernilai berarti sesuatu itu berharga atau berguna bagi kehidupan manusia.
Adanya dua macam nilai tersebut sejalan dengan penegasan pancasila sebagai
ideologi terbuka. Perumusan pancasila sebagai dalam pembukaan UUD 1945. Alinea
4 dinyatakan sebagai nilai dasar dan penjabarannya sebagai nilai instrumental.
Nilai dasar tidak berubah dan tidak boleh diubah lagi. Betapapun pentingnya
nilai dasar yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 itu, sifatnya belum
operasional. Artinya kita belum dapat menjabarkannya secara langsung dalam
kehidupan sehari-hari. Penjelasan UUD 1945 sendiri menunjuk adanya
undang-undang sebagai pelaksanaan hukum dasar tertulis itu. Nilai-nilai dasar yang
terkandung dalam pembukaan UUD 1945 itu memerlukan penjabaran lebih lanjut.
Penjabaran itu sebagai arahan untuk kehidupan nyata. Penjabaran itu kemudian
dinamakan Nilai Instrumental.
Gaya Hidup
1. Pengertian Gaya Hidup
Gaya hidup secara
luas didefinisikan sebagai cara hidup yang diidentifikasikan oleh bagaimana
orang menghabiskan waktu mereka, apa yang mereka pikirkan tentang diri mereka
sendiri dan juga di dunia sekitarnya.Perubahan gaya hidup membawa implikasi
pada perubahan selera (selera pria dan wanita berbeda), kebiasan dan perilaku
pembelian.perubahan lain yang terjadi adalah meningkatnya keinginan untuk
menikmati hidup.
2.
Manfaat jika memahami
gaya hidup konsumen :
a. Pemasar dapat
menggunakan gaya hidup konsumen untuk melakukan segmentasi pasar sasaran
b. Pemahaman gaya hidup
konsumen juga akan membantu dalam memposisikan produk di pasar dengan
menggunakan iklan.
c. Jika gaya hidup
diketahui, maka pemasar dapat menempatkan iklannya pada media-media yang paling
cocok
d. Mengetahui gaya hidup
konsumen, berarti pemasar bisa mengembangkan produk sesuai dengan tuntutan gaya
hidup mereka.
Kepribadian dan gaya hidup
Usaha
untuk membeli juga dipengaruhi oleh karakteristik pribadi. Karaktristik
tersebut meliputi usia dan tahap siklus hidup, pekerjaan, keadaan ekonomi, gaya
hidup, serta kepribadian dan konsep diri pembeli.
a. Usia dan tahap siklus
hidup ---
orang membeli barang dan jasa yang berbeda-beda sepanjang hidupnya. Mereka
makan makanan bayi selama tahun-tahun awal hidupnya, beragam makanan selama tahun-tahun
pertumbuhan dan kedewasaan, serta diet khusus selama tahun-tahun berikutnya.
Selera orang terhadap pakaian, perabot, dan rekreasi juga berhubungan dengan
usia.
b. Pekerjaan dan ekonomi --- Pekerjaan
seseorang mempengaruhi pola konsumsinya. Para pemasar berusaha mengidentifikasi
kelompok pekerjaan yang memiliki minat di atas rata-rata atas produk dan jasa
mereka.
c. Gaya Hidup --- adalah pola
hidup seseorang didunia yang terungkap pada aktivitas, minat, dan opininya.
Gaya hidup menggambarkan “keseluruhan diri seseorang” yang berinteraksi dengan
lingkungannya. Para pemasar mencari hubungan antara produk mereka dan kelompok
gaya hidup.
Sumber : Wikipedia Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar