NPM: 18211061
KELAS: 3EA27
DOSEN : TOMY ADI SUMARSO, SE
MATA KULIAH: PERILAKU KONSUMEN
TUGAS KE 9
20 SOAL QUIS PERILAKU KONSUMEN
1. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar ?
Jawab : segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi
suatu pasar menjadi kelompok kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki
kebutuhan dan karakteristik atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan
produk dan bauran pemasaran yang berbeda
2. Sebutkan
4 peran segmentasi pasar dalam marketing ?
Jawab :
·
Memungkinkan kita untuk lebih fokus
masuk kepasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita
·
Mendapatkan input mengenai peta
kompetisi dan posisi kita di pasar
·
Merupakan basis bagi kita untuk
mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya
·
Faktor kunci mengalahkan pesaing
dalam memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda
3. Jelaskan
apa yang dimaksud segmentasi pasar geografis dan demografis ?
Jawab :
a.
Geografis : Segmen geografis adalah
pembagian pasar menjadi unit unit geografis yang berbeda. misalnya wilayah
negara, negara bagian, propinsi kota dan kepulauan
b.
Demografis : sedangkan segmen
demografis adalah membagi pasar kedalam kelompok kelompok jenis berdasarkan
variable demografis, variable demografi adalah variable paling disuka oleh para
pemasar dijadikan dasar segmentasi ,pertama kebutuhan perilaku dan perilaku
pembelian umumnya dipengaruhi oleh variable demografi.
4. Jelaskan
segmentasi pasar berdasarkan kepuasan ?
Jawab : kepuasan konsumen dapat dibagi menjadi 2 yaitu
kepuasan fungsional yang mendapatkan kepuasan dari pemakaian suatu produk dan
kepuasan psikologikal yaitu kepuasan yang didapat dari pemakaian atribut yang
tidak berwujud seperti munculnya perasaan senang.
5. Sebutkan
beberapa peran seseorang dalam mempengaruhi keputusan seorang pembeli?
Jawab :
a.
Initiator ( Pemberian gagasan untuk
mempengaruhi pembelian keputusan konsumen)
b.
Influencer ( orang yang berusaha
memberikan dorongan terhadap gagasan yang telah ada)
c.
Decider ( orang yang mengambil
keputusan dalam pembelian)
d.
Purchaser ( orang yang melaksanakan
keputusan pembeli)
e.
User
( pengguna dari barang yang telah dibeli)
6. Sebutkan
dan jelaskan tahap tahap dalam proses keputusan pembeli ?
Jawab :
1)
Pengenalan masalah (proses pembelian
dimulai saat pembeli mengenali masalah atau kebutuhan yang di picu oleh
rangsangan internal maupun eksternal seperti rasa lapar dan lain lain)
2)
Pencarian informasi ( konsumen yang
terangsang kebutuhannya akan terdorong untuk mencari informasi yang lebih
banyak lagi)
3)
Evaluasi alternatif ( konsumen lebih
memandang relevan produk yang beragam dan penting manfaatnya menurut mereka)
4)
Keputusan pembelian( dalam tahap evaluasi, para konsumen
membentuk preferensi atas merek-merek yang ada di dalam kumpulan pilihan.
Faktor sikap orang lain dan situasi yang tidak dapat diantisipasi yang dapat
mengubah niat pembelian termasuk faktor-faktor penghambat pembelian. Dalam
melaksanakan niat pembelian, konsumen dapat membuat lima sub-keputusan
pembelian, yaitu: keputusan merek, keputusan pemasok, keputusan kuantitas,
keputusan waktu dan keputusan metode pembayaran)
5)
Perilaku pasca pembelian (Para
pemasar harus memantau kepuasan pasca pembelian, tindakan pasca pembelian dan
pemakaian produk pasca pembelian, yang tujuan utamanya adalah agar konsumen
melakukan pembelian ulang)
7. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan pengetahuan pembeli !
Jawab : semua
informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk, serta
pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan
fungsinya sebagai konsumen.
8. Sebutkan
8 fungsi sikap konsumen !
Jawab :
(1)
Utilitarian function : sikap
berfungsi sebagai penyesuaian sosial dan membantu individu merasa menjadi
bagian dari masyarakat.
(2)
Knowledge function : sikap membantu
individu untuk memahami dunia, yang membawa keteraturan terhadap bermacam-macam
informasi yang perlu diasimilasikan dalam kehidupan sehari-hari.
(3)
Value-expressive function : sikap
mengkomunikasikan nilai dan identitas yang dimiliki seseorang terhadap orang
lain.
(4)
Ego defensive function : sikap
melindungi diri, menutupi kesalahan, agresi, dsb dalam rangka mempertahankan
diri.
9. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan sumber daya temporal dan sementara ?
Jawab :
·
Sumber daya temporal (Salah satu
variabel yang paling individual dari perilaku manusia berhubungan dengan
bagaimana orang menggunakan anggaran waktu mereka.
·
Sumber daya kognitif (Sumber daya
kognitif menggambarkan kapasitas mental yang tersedia untuk menjalankan
berbagai kegiatan pengolahan informasi. Kapasitas adalah sumber daya yang
terbatas. Dapat mengelola hanya sejumlah tertentu informasi pada satu waktu.
10. Jelaskan
pengertian perilaku konsumen menurut john c mawen michael minor dan engel,
blackwell, dan miniard ?
Jawab :
·
John c mawen dan michael minor :
studi tentang unit pembelian (buying unit) dan proses pertukaran yang
melibatkan perolehan, konsumsi berbagai produk,jasa dan pengalaman serta
ide-ide.
·
Engel, blackwell dan miniard :
tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan
menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan
mengikuti tindakan ini.
11. Sebutkan dan jelaskan factor
– factor yang mempengaruhi perilaku konsumen !
Jawab :
·
Faktor budaya
Budaya, sub-budaya, dan kelas sosial sangat
penting bagi perilaku pembelian. Budaya merupakan penentu keinginan dan
perilaku pembentuk paling dasar. Anak-anak yang sedang tumbuh mendapatkan
seperangkat nilai, persepsi, preferensi, dan perilaku dari keluarga dan lembaga-lembaga
penting lainnya.
·
Faktor sosial
Selain faktor budaya, perilaku konsumen di
pengaruhi oleh faktor-faktor sosial, seperti kelompok acuan, keluarga, peran,
dan status sosial. Kelompok acuan terdiri dari semua kelompok yang memiliki
pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap sikap atau perilaku orang
tersebut.
·
Faktor pribadi
Keputusan membeli juga di pengaruhi oleh karakteristik pribadi.
Karakteristik tersebut meliputi usia dan tahap dalam siklus hidup, pekerjaan,
keadaan ekonomi, kepribadian dan konsep diri, juga nilai dan gaya hidup
pembeli.
·
Faktor psikologi
Titik
awal untuk memahami perilaku konsumen adalah adanya rangsangan pemasaran luar
seperti ekonomi, teknologi, politik, budaya. Satu perangkat psikologi
berkombinasi dengan karakteristik konsumen tertentu untuk menghasilkan proses
keputusan dan keputusan pembelian. Tugas pemasar adalah memahami apa yang
terjadi dalam kesadaran konsumen antara datangnya rangsangan pemasaran luar
dengan keputusan pembelian akhir. Empat proses psikologis (motivasi, persepsi,
ingatan dan pembelajaran) secara fundamental, mempengaruhi tanggapan konsumen
terhadap rangsangan pemasaran.
12. Sebutkan 5 tinggi rendahnya status seseorang
menurut Talcott Person !
1) Kriteria kelahiran: meliputi faktor ras, jenis kelamin,
kebangsawanan, dan sebagainya.
2) Kriteria kualitas
pribadi : meliputi kebijakan,
kearifan, kesalehan, kecerdasan, usia dan sebagainya.
3) Kriteria prestasi : meliputi kesuksesan usaha, pangkat dalam
pekerjaan, prestasi belajar, prestasi kerja, dan sebagainya.
4) Kriteria pemilikan: meliputi kekayaan akan uang dan harta benda.
5) Kriteria otoritas : yaitu kemampuan untuk mempengaruhi pihak
lain sehingga pihak lain tersebut bertindak seperti yang diinginkan.
13. Jelaskan pengukuran kelas sosial menurut Aristoteles dan Karl Max !
Jawab :
Aristoteles
membagi masyarakat secara ekonomi menjadi 3 kelas (golongan), yaitu:
·
Golongan
Pertama (Golongan Sangat Kaya)
Merupakan golongan dengan jumlah yang terkecil
(sedikit) di dalam masyarakat. Golongan ini terdiri dari para pengusaha, tuan
tanah, dan bangsawan.
·
Golongan
Kedua (Golongan Kaya)
Merupakan golongan dengan jumlah yang cukup banyak
di dalam masyarakat. Golongan ini terdiri dari para pedagang, dsbnya.
·
Golongan
Ketiga (Golongan Miskin)
Merupakan golongan dengan jumlah terbanyak di
dalam masyarakat. Golongan ini terdiri dari rakyat-rakyat biasa.
Karl Marx juga membagi
masyarakat menjadi 3 kelas (golongan), yaitu:
·
Golongan
Kapitalis (Borjuis)
Merupakan
golongan yang terdiri dari para penguasa tanah dan alat produksi.
·
Golongan
Menengah
Merupakan
golongan yang terdiri dari para pegawai pemerintah. Golongan menengah cenderung
dimasukkan ke dalam golongan kapitalis, karena dalam kenyataannya golongan ini
adalah pembela setia kaum kapitalis.
·
Golongan
Proletar
Merupakan
golongan yang tidak memiliki tanah dan alat produksi. Termasuk kaum buruh dan
pekerja pabrik.
14. Jelaskan pembagian kelas sosial berdasarkan status
sosial ! berikan contohnya !
Jawab :
Kelas
sosial timbul karena adanya perbedaan dalam pernghormatan dan situasi
sosialnya. Contoh masyarakat bali, masyarakatnya dibagi ke dalam 4 kasta yakni
Brahmana, Satria, Waisya dan Sudra. Ketiga kasta pertama disebut Triwangsa.
Kasta keempat disebut Jaba. Sebagai tanda pengenalannya dapat kita temukan dari
gelar seseorang. Gelar Ida bagus dipakai oleh kasta Brahmana, gelar cokorda,
Dewa, Ngakan dipakai oleh kasta Satria. Gelar Bagus, I Gusti dan Gusti dipakai
oleh kasta Waisya, sedangkan gelar Pande, Khon, pasek dipakai oleh kasta Sudra.
15. Jelaskan apa yang
dimaksud pengaruh individu terhadap perilaku konsumen !
Jawab : tenaga pendorong dalam diri individu yang memaksa mereka
untuk bertindak . tenaga pendorong tersebut dihasilkan oleh keadaan tertekan,
yang timbul sebagai akibat kebutuhan yang tidak terpenuhi. Individu secara
sadar maupun tanpa sadar berjuang mengurangi melalui prilaku yang mereka
harapankan akan memenuhi kebutuhan mereka dan demikian akan membebaskan mereka
dari tekanan yang mereka rasakan.
16. Sebutkan dan jelaskan 5 peranan
dalam pengambilan keputusan konsumsi keluarga?
Jawab :
1)
Penjaga pintu (gatekeeper). Inisiator pemikiran keluarga
mengenai pembelian produk dan pengumpulan informasi untuk membantu pengambilan
keputusan
2)
Pemberi pengaruh (influencer). Individu yang opininya dicari sehubungan
dengan kriteria yang harus digunakan oleh keluarga dalam pembelian dan produk
atau merek mana yang paling mungkin cocok dengan kriteria evaluasi itu
3)
Pengambil keputusan (decider). Orang dengan wewenang dan / atau
kekuasaan keuangan untuk memilih bagaimana uang keluarga akan dibelanjakan dan
produk atau merek mana yang yang akan dipilih.
4)
Pembeli (buyer). Orang yang bertindak sebagai agen pembelian:
yang mengunjungi toko, menghubungi penyuplai, menulis cek, membawa produk
kerumah, dan seterusnya.
5)
Pemakai (user). Orang yang menggunakan produk
17. Sebutkan 3 faktor situasi konsumen?
Jawab :
·
Situasi Komunikasi
·
Situasi Pembelian
·
Situasi Pemakaian
18. Jelaskan pengertian konsumen menurut
philip kotler?
Jawab : semua individu dan rumah
tangga yang membeli atau memperoleh barang atau jasa untuk dikonsumsi pribadi.
19. Jelaskan apa yang dimaksud dengan
sikap, motivasi dan konsep ?
Jawab :
·
Sikap dalam kamus marketing (1995) juga didefinisikan sebagai
kondisi mental atau akal budi tertentu yang mencerminkan suatu pandangan
pribadi yang negative atau positif mengenai suatu obyek atau konsep atau suatu
keadaan acuh tak acuh yang menunjukan titik tengah (mid point) diantara dua
titik ataupun dua pokok yang saling berlawanan
·
konsep diri adalah semua ide, pikiran, kepercayaan dan pendirian
yang diketahui individu tentang dirinya dan mempengaruhi individu dalam
berhubungan dengan orang lain. Hal ini termasuk persepsi individu akan
sifat dan kemampuannya, interaksi dengan orang lain dan lingkungan, nilai-nilai
yang berkaitan dengan pengalaman dan objek, tujuan serta keinginannya
·
Motivasi konsumen yang dilakukan oleh produsen sangat erat
sekali berhubungan dengan kepuasaan konsumen. Untuk itu perusahaan selalu
berusaha untuk membangun kepuasan konsumen dengan berbagai kebutuhan dan tujuan
dalam konteks perilaku konsumen dengan berbagai kebutuhan dan tujuan dalam
konteks perilaku konsumen mempunyai peranan penting karena motivasi timbul
karena adanya kebutuhan yang belum terpenuhi dan tujuan yang ingin dicapai.
Kebutuhan menunjukkan kekurangan yang dialami seseorang pada suatu waktu
tertentu. Kebutuhan di pandang sebagai penggerak atau pembangkit perilaku.
Artinya jika kebutuhan akibat kekurangan itu muncul, maka individu lebih peka
terhadap usaha motivasi para konsumen.
20. Jelaskan apa yang dimaksud pengaruh
kebudayaan terhadap perilaku konsumen?
Jawab : Budaya mengacu pada
seperangkat nilai, gagasan, artefak dan simbol yang mempunyai makna, yang
membantu individu berkomunikasi, memberikan tafsiran serta melakukan evaluasi.
Budaya tidak hanya bersifat naluriah saja, namun budaya memberikan dampak pada
perilaku yang dapat diterima didalam masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar